Video Of Day


Senin - Sabtu 07.00 -08.00

ZONA KITA KITA

Senin - Sabtu 19.00 - 21.00

MUSIK ASIK

Senin - Minggu 08.00 - 10.00

SLENDRO JAMPI SAYAH

Senin - Sabtu 21.00 - 23.00

SLENDRO MUSIC REQUEST

Senin - Sabtu 15.00 - 17.00

Senin, 12 November 2018

Upaya Pelestarian Budaya Jawa

Paguyuban Seni Karawitan Titi Madyo Laras Sidowaras Lampung Tengah (Foto Seno)

Liputan Slendro FM - Adijaya Lampung Tengah - Pengertian budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Sedangkan budaya Jawa adalah budaya yang berasal dari Jawa dan dianut oleh masyarakat Jawa khususnya di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur yang saat ini sudah menyebar ke seluruh pelosok tanah air bahkan hingga luar negeri.


                 Budaya Jawa merupakan budaya yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, mengingat penyumbang terbesar penduduk Indonesia adalah dari Suku Jawa. Macam-macam budaya Jawa ada  banyak sekali, ada budaya di bidang bahasa, seni, adat-istiadat, dan lain-lain. Dari setiap bidang-bidang tersebut masih terbagi menjadi berbagai jenis. Sebagai contoh, dari bidang bahasa terbagi menjadi Bahasa Ngoko dan Bahasa Krama. Kemudian, dari kedua macam jenis bahasa tersebut masih terbagi lagi menurut tingkatannya. Tingkatan-tingkatan dari tiap ragam Bahasa Jawa tersebut diterapkan sebagai bentuk “unggah-ungguh” atau kesopanan. Misalnya, kepada orang yang lebih tua, dalam Budaya Jawa akan dirasa kurang sopan jika yang kita gunakan adalah Bahasa Ngoko, yang digunakan disini sebaiknya adalah Krama Inggil, dan seterusnya.

Dalam hal ini Radio Slendro FM Bandarjaya pun mengangkat dan turut melestarikan budaya jawa berupa seni karawitan yang setiap Sabtu Malam Minggu dipentaskan berupa Paguyuban seni karawitan yang di siarkan secara live di Radio Slendro dari jam 20:00 WIB sampai selesai. Dari sekian banyak group (paguyuban) karawitan yang ada di Lampung Tengah khususnya di berikan kesempatan untuk tampil secara bergantian. 

Hal ini merupakan wujud nyata bahwa Radio Slendro atas prakarsa Hi. Sunarminto sebagai Derektur ingin budaya yang ada di Lampung Tengah khususnya budaya jawa akan tumbuh subur dan bisa diwariskan kepada generasi muda sebagai generasi ujung tombak pembangunan bangsa dan negara.

Editor : Pandu Suseno 

Tidak ada komentar:

Popular Posts